14 Jenis Sakit Telinga Dan Pencegahannya

Inilah ada 14 jenis sakit telinga dan pencegahannya yang wajib anda ketahui, supaya anda bisa terhindar dari hal buruk yang mungkin saja terjadi akibat penyakit ini.Maka untuk itu, silakan di simak informasinya lebih lengkap !

14 Jenis Sakit Telinga Dan Pencegahannya

Telinga merupakan salah satu organ tubuh manusia yang berfungsi sebagai indera pendengar dan penjaga keseimbangan.Sebagai organ pendengaran, telinga memiliki reseptor khusus khusus yang berfungsi untuk mengenali getaran suara.

Akan tetapi, telinga hanya memiliki batasan frekuensi untuk bisa di dengar yakni 20 Hz – 20.000Hz.Telinga sendiri memiliki 3 bagian yakni :

  • Telinga bagian luar (daun telinga, saluran telinga luar dan gendang telinga)
  • Telinga bagian dalam (maleus, incus dan stapes)
  • Telinga bagian dalam (labirin tulang dan labirin membrane)

Mengingat bahwa telinga itu adalah salah satu organ vital, maka penting sekali kita untuk menjaga kesehatan telinga karena berbagai macam resiko penyakit dan gangguan pada telinga bisa menyerang.Dan berikut ini ada beberapa jenis penyakit yang beresiko menganggu kesehatan telinga diantaranya :

1). Infeksi Telinga

Jenis penyakit telinga yang umum terjadi, dimana infeksi ini bisa disebabkan oleh bakteri dan virus yang masuk ke telinga manusia.

2). Kanker Telinga Luar

Umumnya kanker ini menyerang jaringan kulit dan terjadi di tepi bagian atas telinga bagian luar yang terlihat dari adanya luka koreng yang tidak teratur dengan pengerasan kulit.

3). Herpes Zoster Otitis

Penyakit ini disebabkan oleh virus varicella zoster yang juga menjadi penuyebab cacar air dan penyakit telinga.Dimana herpes zoster otitis terjadi karena infeksi viral yang menyebar ke syaraf wajah dan telinga dalam.

4). Othematoma

Jenis penyakit telinga ini juga sering disebut dengan penyakit bunga kol yang disebabkan oleh kelainan genetik, dimana sejak lahir penderita othematoma tidak memiliki aurikel dank anal auditori.

5). Infeksi Telinga Luar

Infeksi telinga luar bisa disebabkan oleh kebersihan yang buruk seperti mengorek telinga secara berlebihan maupun membiarkan kotoran telinga menumpuk.

6). Kanker Telinga Tengah

Penyebab kanker di liang telinga belum lah pasti, namun biasanya terjadi pada orang dewasa riwayat keluarnya cairan telinga dalam waktu yang lama.

7). Tuli Konduksi

Merupakan kondisi yang terjadi apabila telinga tidak bisa mendengar karena adanya gangguan pada penghataran getaran suara.

8). Kanker Di Liang Telinga

Penyebab kanker di liang telinga belum lah pasti, namun biasanya dikaitkan dengan sejarah kanker pada telinga luar.

9).Otosklerosis

Merupakan penumpukan jaringan spons pada telinga tengah yang mengurangi penghantaran suara pada telinga.

10). Tinnitus

Merupakan gejala timbulnya bunyi seperti desiran, dengungan maupun suara lain di dalam telinga.Meskipun penyakit ini tidak begitu menganggu, namun jika dibiarkan bisa menimbulkan penyakit yang berbahaya seperti tumor pada telinga.

11). Infeksi Telinga Tengah

Merupakan penyakit yang menyebabkan telinga bagian tengah mengalami peradangan.Biasanya, otitis medis di sebabkan oleh infeksi saluran pernafasan karena virus dan bakteri penyebab infeksi menyebar dan melewati saluran eustachius.

12). Neuroma Akustikus

Merupakan penyakit tumor yang menyerang saraf penghubung telinga dengan otak.Penderita penyakit ini memiliki gejala awal berupa gangguan saraf pendengaran, telinga berdengung serta hilangnya keseimbangan.

13). Perindokritis

Penyakit ini sebenarnya hampir sama dengan othematoma.Bedanya adalah othematoma disebabkan karena kelainan genetik, namun perindokritis disebabkan oleh adanya infeksi.

14). Meniere

Penyakit pada telinga bagian dalam yang terjadi karena kantung endolimfalikus mengalami pembengkakan akibat pembengkakan akibat penumpukan cairan di dalam telinga.

Segera temui dokter jika jenis penyakit sakit telinga mulai anda rasakan, karena dengan anda menemui dokter maka penanganan dan pengobatan yang tepat bisa dilakukan sehingga hal buruk yang mungkin saja terjadi bisa anda hindari.

Selain melakukan pengobatan secara medis, anda juga bisa melakukan beberapa hal guna menghindari atau mencegah terjadinya hal buruk yang mungkin terjadi akibat sakit telinga yakni :

  • Jaga kebersihan telinga
  • Jangan mengorek-ngorek telinga
  • Lindungi telinga dari kemasukan air
  • Konsumsi obat herbal sakit telinga

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga informasinya bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda terhadap penyakit ini.Terimakasih atas kunjungannya !

by post : Ahlinya Obat Migren

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*