15 Penyebab Hidrosefalus Sejak Dini

Mengetahui penyebab hifrosefalus sejak dini merupakan langkah awal yang harus anda lakukan, guna untuk mencegah keparahan kondisi ini yang bisa membahayakan otak.

15 Penyebab Hidrosefalus Sejak DiniPenyebab Hidrosefalus Sejak Dini

Hidrosefalus sendiri merupakan penyakit yang biasanya berkaitan dengan otak, yang mana penyakit ini akan menyerang organ otak manusia dan bisa di derita oleh segala usia.Namun, pada kebanyakan kasus kondisi ini bisa terjadi pada bayi dan lansia.

Tanda atau ciri ciri seseorang mengalami penyakit hidrosefalus yakni dia akan mengalami penumpukann cairan otak di kepalanya, maka tidak heran apabila penderita hidrosefalus pada bayi ataupun balita akan membengkak dan membesar.

Maka untuk itu, penyakit hidrosefalus jangan di anggap sepele dan harus mendapatkan penanganan medis dengan segera, karena dalam jangka panjang kondisi ini akan mengakibatkan komplikasi seperti :

  • Epilepsi
  • Gangguan penglihatan
  • Gangguan koordinasi
  • Penurunan daya ingat
  • Sulit berkonsentrasi dan perhatian mudah teralih
  • Gangguan bicara
  • Kesulitan belajar

15 Penyebab Hidrosefalus Sejak Dini

Sangatlah penting bagi ibu-ibuĀ  yang sedang mengandung dan juga masyarakat luas untuk mengetahui apa saja penyebab yang bisa memicu terjadinya hidrosefalus diantaranya :

#1 Infeksi virus

Bagi wanita dan pria sebaiknya berhati-hati terhadap virus yang ada di sekitar kita, karena cuaca yang berubah-ubah ini akan membuat virus bertebaran di udara, tidak hanya itu saja virus ini bisa menyebar melalui kotoran hewab dan bulu hewan.

#2 Adanya tumor otak

Jika terjadi tumor otak maka akan menyebabkan aliran cairan di otak menjadi tersumbat.Tumor otak yang massanya semakin membesar bisa menyebabkan aliran darah menjadi tidak lancar atau tersumbat sehingga penumpukan cairan ini bisa terjadi di otak.

#3 Radang sekaput otak

Meningitis atau radang selaput otak bisa menyebabkan seseorang mengalami hidrosefalus, hal ini dikarenakan selaput otak yang bermasalah bisa menyebabkan penumpukan cairan berlebihan sehingga kepala bisa membesar.

#4 Kista otak

Jika mendengar kata kista, biasanya kita langsung ingat dengan hal yang berhubungan dengan reproduksi wanita.Padahal kista tidak hanya terjadi pada rahim ataupun saluran rahim namun bisa muncul pada otak.

#5 Gangguan aliran cairan otak

Jika aliran cairannya terganggu maka akan mengakibatkan cairan otak tersebut terkumpul di otak dan menyebabkan hidrosefalus.

#6 Malformasi otak

Sebuah penyakit langka yang bisa menyebabkan otak berisi otak dengan bagian kecil keluar dari tengkorak kemudian masuk ke bagian kanal tulang.

#7 Cacat tabung saraf

Kecacatan di tabung saraf janin di sebabkan oleh adanya pertumbuhan tabung syaraf yang kurang sempurna sehingga tabung saraf janin mengalami kecatatan.

#8 Cacat bawaan

Pada saat hamil penting sekali bagi ibu hamil untuk mencukupi kebutuhan nutrisi bagi janin yang ada di dalam kandungan seperti : asam folat.Apabila asam folat tidak tercukupi dengan baik maka akibatnya organ bayi terutama otak tidak bisa berkembang dengan sempurna sehingga bayi bisa menderita cacat bawaan sejak lahir.

#9 Terjadi pembengkakan

Pada saat saluran cairan otak atau CSF mengalami pembengkakn maka akibatnya cairan otak tersebut bisa menumpuk.

#10 Pendarahan otak

Pendarahan yang ada di otak tersebut bisa menimbulkan aliran cairan otak menjadi terhambat sehingga di dalam otak bisa menyebabkan penumpukan cairan.

#11 Kanker otak

Kanker otak ini sangatlah berbahaya, massa tumor yang ganas bisa tumbuh di jaringan otak mana saja.Jaringan otak terganggu oleh sel kanker bisa menjadi penyebab cairan otak menjadi tidak normal.

#12 Produksi cairan otak berlebihan

Apabila cairan otak diproduksi secara berlebihan maka bisa menyebabkan balita terkena hidrosefalus, meskipun hal ini jarang terjadi namun produksi cairan otak yang berlebihan bisa menyebabkan balita atau bayi terkena hidrosefalus.

#13 Cedera otak

Benturan akibat terjatuh maupun kecelakaan yang terjadi di kepala bisa menyebabkan otak menjadi cedera, yang mana cedera otak yang parah bisa menjadi penyebab seseorang mengalami hidrosefalus.

#14 Pembuluh darah otak menyempit

Pembuluh darah yang ada di otak jika mengalami penyempitan bisa menyebabkan seseorang terkena hidrosefalus, yang mana hal ini dikarenakan pembuluh darah berhubungan dengan aliran cairan otak.

#15 Stroke

Penyakit yang satu ini tidak boleh di anggap sepele, karena bisa menyebabkan kematian dan penurunan kualitas hidup penderitanya.Salah satu komplikasi yang disebabkan oleh penyakit stroke adalah penyakit hidrosefalus.

Itulah beberapa hal yang menjadi penyebab hidrosefalus, yang mana harus anda waspadai dan jangan di anggap sepele karena bisa menimbulkan kondisi yang sangat parah pada otak.

Dan bagi anda yang ingin mencegah keadaan semakin memburuk maka ada beberapa hal yang bisa anda lakukan diantaranya :

  • Lakukan pemeriksaaan rutin pada masa kehamilan
  • Tes TORCH
  • Hindari benturan
  • Menjaga asupan gizi
  • Konsumsi obat herbal hidrosefalus (rekomendasi : Jelly Gamat QNC)

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai penyebab hidrosefalus sejak dini, semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi anda dan terimakasih atas kunjungannya.

Baca Juga Artikel Lainnya :

by post : Ahlinya Obat Migren

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*