5 Penyebab Radang Lambung

Mengenal 5 penyebab radang lambung merupakan hal yang sangat penting, agar anda bisa terhindar dari hal atau dampak buruk akibat penyakit radang lambung ini.

Namun seperti artikel yang lainnya sebelum kami memberikan anda informasi mengenai penyebab radang lambung tersebut, terlebih dahulu kami akan memberikan anda informasi seputar radang lambung itu sendiri.

5 Penyebab Radang Lambung

Dalam istilah medis radang lambung sering dikenal dengan sebutan gastritis adalah kondisi dimana terjadinya iritasi dipermukaan lambung, dimana penyakit ini muncul sebagai akibat dari berbagai macam faktor.

Jika di lihat dari waktu terjadinya, radang lambung dibagi menjadi 2 bagian yakni radang lambung akut dan radang lambung kronis.

Untuk radang lambung akut biasanya akan muncul secara mendadak dan akan cepat cepat reda sedangkan untuk radang lambung kronis terjadi secara perlahan dan bisa bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Pada umumnya lambung memiliki sel-sel yang menghasilkan asam dan enzim yang berfungsi untuk mencerna makanan, dimana sel-sel tersebut juga bisa menghasilkan lapisan lendir yang berguna untuk melindungi lapisan lambung dari radang atau pengikisan asam.

Dimana lapisan lendir tersebut berguna untuk melindungi dinding lambung dari iritasi akibat asam yang dihasilkan oleh lambung, dimana penyakit ini muncul sebagai akibat dari rusaknya lapisan lendir tersebut sehingga menyebabkan dinding lambumg mengalami iritasi.

Penyebab Radang Lambung

Berikut ini ada beberapa faktor penyebab radang lambung yang kerap muncul dan terjadi oleh para penderitanya diantaranya :

  1. Akibat Mengkonsumsi Alkohol

Dengan terbiasa mengkonsumsi alkohol bisa meningkatkan kadar asam di dalam lambung, hal ini pula yang menyebabkan resiko untuk terkena radang lambung akan meningkat.

Selain itu, terbiasa mengkonsumsi minuman alkohol juga bisa meningkatkan anda berisiko terkena penyakit hati ataupun sirosis hati.

  1. Infeksi

Radang lambung juga bisa disebabkan oleh infeksi, dimana biasanya kondisi ini terjadi pada penderita radang lambung kronis dan infeksi yang paling umum menyebabkan radang lambung adalah infeksi bakteri H. pylori.

Selain bakteri tersebut, beberapa jenis virus dan parasit juga bisa menyebabkan infeksi pada dinding lambung dan menyebabkan radang lambung seperti infeksi tuberkulosis atau TBC, sifilis, infeksi virus, infeksi jamur dan infeksi parasit serta jamur.

  1. Makanan Yang Terlalu Pedas

Sebagian orang mungkin menganggap bahwa makanan pedas adalah makanan yang bisa menggunggah selera dan seringkali meningkatkan nafsu makan seseorang.

Namun beda halnya dengan orang yang memiliki masalah lambung, sebaiknya menghindari jenis makanan yang satu ini karena mengkonsumsi makanan ini bisa menyebabkan lambung menjadi perih.

  1. Stress

Mungkin selama ini banyak yang menghubungkan antara stres dengan penyakit maag, karena secara ilmiah stres memang bisa memicu radang lambung karena meningkatnya kadar asam di dalam lambung.

Stres adalah kondisi yang bisa menyebabkan suplai aliran darah di dalam tubuh mengalami perubahan, dimana pada saat stres aliran darah akan lebih banyak menuju otot lengan dan kaki sehingga suplai darah ke area lambung akan berkurang.

  1. Makanan Dengan Kadar Asam Tinggi

Pada normal, lambung biasanya akan selalu menghasilkan zat asam setiap saat untuk membantu proses pencernaan dan juga untuk mencegah infeksi bakteri atau kuman lainnya.

Dimana asam lambung akan membunuh kuman yang masuk ke dalam lambung sehingga tidak menyebabkan infeksi. Namun, kadar asam yang terlalu tinggi di dalam lambung bisa merusak lapisan dinding lambung.

Selain 5 penyebab radang lambung diatas, radang lambung juga bisa disebabkan oleh adanya kondisi medis yang mendasari yakni anemia pernisiosa, pembedahan pasca tindakan invasif, pasca terapi radiasi, pasca operasi bedah lambung, penyakit autoimun dan muntah terus menerus.

Solusi Pengobatan Radang Lambung

Bagi anda yang saat ini tengah menderita radang lambung, maka yang harus anda lakukan sekarang adalah dengan melakukan tindakan pengobatan dengan cepat.

Dimana untuk pengobatannya sendiri, anda bisa mengobatinya baik secara medis maupun secara tradisional. Kedua pengobatan tersebut sama baiknya karena memiliki tujuan yang sama yakni untuk mengobati radang lambung.

Namun untuk saat ini, disini kami lebih merekomendasikan anda untuk melakukan pengobatan secara tradisional yakni dengan mengkonsumsi obat radang lambung alami yang terbuat dari 100% bahan alami sehingga sangat layak untuk anda coba dan tidak ada salahnya jika anda mencobanya.

Nah itulah sekilas informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda serta bisa menambah wawasan anda. SEMOGA LEKAS SEMBUH !

post by : Ahlinya Obat Migren

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*