6 Penyebab Susah Buang Air Besar Dan Cara Menanganinya

Mengetahui 6 penyebab susah buang air besar dan cara menanganinya merupakan hal yang sangat penting, dimana hal ini berguna untuk menghindari atau mencegah terjadinya hal buruk yang mungkin saja terjadi.

Dan berikut ini kami berikan informasi seputar penyebab susah buang air besar dan cara menanganinya, silakan di simak !

6 Penyebab Susah Buang Air Besar Dan Cara MenanganinyaPenyebab Susah Buang Air Besar

Susah buang air besar atau dalam istilah medis disebut dengan konstripasi, dimana kondisi ini terjadi ketika frekuensi buang air besar menjadi berkurang.Meskipun sebenarnya frekuensi buang air besar tiap orang pastinya beda-beda, namun sebagian orang akan buang air besar sebanyak 1-2 kali seminggu.

Sebagian lainnya ada yang buang air besar hingga tiga kali sehari, namun biasanya tidak buang air besar selama tiga hari atau lebih sudah dapat dikatakan terlalu lama.Ini karena setelah tiga hari, struktur tinja menjadi lebih keras dan lebih sulit untuk dikeluarkan.

Seringkali penyebab susah buang air besar sulit untuk diketahui secara pasti.Namun, secara umum kondisi ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti :

  1. Menunda Buang Air Besar – Menunda-nunda untuk buang air besar ketika ada desakan untuk melakukannya, justru berisiko mengundang konstipasi.
  2. Memiliki Kondisi Kesehatan Tertentu – Pada kasus yang jarang terjadi, kesulitan untuk buang air besar bisa dianggap pertanda adanya kondisi medis tertentu seperti : sindrom iritasi usus besar, parkinson, diabetes, hiperkalsemia atau kelebihan kalsium dalam darah dan lainnya.
  3. Pola Makan Yang Buruk – Kekurangan serat buah-buahan, sayur-sayuran dan sereal serta kekurangan cairan bisa memicu terjadiya konstipasi.Selain itu, perubahan pola makan dan terlalu banyak mengkonsumsi produk susu juga bisa menyebbakan susah buang air besar.
  4. Pengaruh Obat-Obatan – Mengkonsumsi obat-obatan tertentu juga bisa menimbulkan efek samping berupa susah buang air besar, dimana obat-obatan tersebut seperti suplemen kalsium, suplemen zat besi, obat antiepilepsi, antidepresan dan lainnya.
  5. Kehamilan – Sekitar 40 persen wanita hamil mengalami konstipasi selama kehamilan, terutama pada periode awal kehamilan.Itu karena, tubuh memproduksi lebih banyak hormon progresteron yang efeknya dapat mengendurkan otot sehingga menyulitkan otot usus untuk berkontraksi.
  6. Susah buang air juga disebabkan oleh adanya masalah psikis seperti stres, kecemasan, depresi, trauma kekerasan atau pelecehan seksual.

Cara Menanganai Susah Buang Air Besar

Tiap orang tentunya memiliki penyebab susah buang air besar yang bervariasi sehingga langkah penanganannya pun akan tergantung kepada penyebab dan seberapa kondisi anda.Namun, secara umum susah buang air besar bisa ditangani dengan mengubah gaya hidup seperti :

  • Tetapkan rutinitas buang air besar ke toilet misalnya kapan dan di toilet mana anda nyaman untuk buang air besar.
  • Bila konstipasi terjadi pada anak sebaiknya berikan buah-buahan untuk memperlancar buang air besar seperti apel, anggur, strawberi, pir atau kismis.
  • Cukupi kebutuhan air putih untuk mencegah dehidrasi
  • Ketika buang air bsar di toilet duduk, posisikan kaki di bangku rendah supaya lutut berada di atas pinggang
  • Jangan menunda untuk buang air besar ketika merasa butuh dan mendesak untuk melakukannya
  • Lakukan lebih banyak olahraga
  • Perbanyak mengkonsumsi serat, setidaknya 18-30 gram perhari
  • Anda juga bisa mengkonsumsi obat herbal susah buang air besar ( Rekomendasi : Jelly Gamat QNC )

Itulah sekilas informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai 6 penyebab susah buang air besar dan cara menanganinya, semoga informasinya bermanfaat dan bisa menjawab rasa penasaran anda terhadap penyakit yang anda derita.

by post : Ahlinya Obat Migren

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *