9 Penyebab Infeksi Saluran Pernafasan Akut

9 Penyebab Infeksi Saluran Pernafasan Akut – Infeksi saluran pernafasan akut atau sering di sebut dengan ISPA merupakan kondisi di mana adanya infeksi yang menyerang saluran pernafasan mulai dari bagian sinus, tenggorokan, saluran udara atau paru-paru yang umumnya hanya bisa terjadi selama 14 hari.

Penyakit ini biasanya hanya terjadi pada musim pancaroba yang mengakibatkan meningkatnya sirkulasi virus di udara.Tidak hanya orang dewasa saja, ternyata anak-anak pun bisa terkena penyakit ISPA.

9 Penyebab Infeksi Saluran Pernafasan AkutTahukah Anda ?

Di Indonesia ISPA menduduki peringkat pertama sebagai penyakit yang paling banyak di derita oleh masyarakat terutama pada anak-anak.Menurut WHO ISPA bisa membunuh lurang lebih 2,6 juta anak-anak setiap tahunnya di seluruh dunia.

Biasanya penyakit ini di tandai dengan adanya beberapa gejala seperti : sesak nafas, batuk, pilek, mengalami demam, sakit kepala, lemas, nyeri tenggorolan dan suara serak.Gejala tersebut bisa membahayakan apabila telah berubah menjadi penyakit ISPA Pneumopnia yang paling tinggi dalam klarisifikasinya.

9 Penyebab Infeksi Saluran Pernafasan Akut

Hal utama yang menyebabkan ISPA yaitu terjadinya serangan mikroorganisme virus, bakteri dan jamur.Namun, dari ketiga penyebab tersebut viruslah yang sering menimbulkan ISPA.Dan berikut ini ada beberapa mikrooeganisme yang bisa memicu terjadinya ISPA diantaranya :

#1 Debu dan asap

Debu atau asap yang tidak kasat mata ini bisa masuk ke lapisan mukosa hingga terdorong menuju faring karena tidak bisa di saring oleh rambut yang ada pada hidung sehingga bisa menimbulkan saluran pernafasan terinfeksi.

#2 Coronavirus

Virua yang ditemukan pada tahun 1960-an ini paling retan terkena pada anak-anak, yang mana penyebaran virus ini bisa terjadi melalui udara pada penderita batuk dan bersin serta melalui kontak langsung dengan menyemtuh atau berjabat tangan yang kemudia akan terkontaminasi jika menyentuh mulut, hidung atau mata.

#3 Streptokokus

Salah satu genus yang terjadi pada bakteri nonmotil dan mengandung sel gram positif, infeksi ini bisa menyerang siapa saja termasuk anak-anak, orang dewasa dan lansia yang mana bisa menyebabkan ISPA.

#4 Perokok dan koki

Hal utama yang bisa menyebabkan ISPA semakin meningkat yaitu akibat kebiasaan merokok dan kebiasaan memasak, karena asal yang timbul dari rokok maupun dari dapur bisa membuat silia dalam saluran pernafasan menjadi rusak sedikit demi sedikit.

#5 Adenovirus

Termasuk virus yang tidak memiliki selubung dengan diameter 70 hingga 80 nanometer.Virus ini memiliki lebih dari lipah puluh jenis dan bisa menyebabkan infeksi saluran pernafasan bagian atas, infeksi kandung kemih dan ginjal hingga infeksi selaput bola mata.

#6 Pneumokokus

Bakteri yang lebih mengancam pada anak-anak ini datang dengan mudah melalui percikan air ludah, yang mana bakteri ini bisa masuk ke paru-paru hingga menyebabkan radang paru-paru.Ternyata bakteri ini merupakan jenis bakteri yang sangat menular dan sulit untuk diobati.

#7 Virus influenza

Virus yang sangat menular ini terutama jika seseorang mengalami batuk atau bersin dan juga termasuk gejala dari penyakit ISPA yang memiliki tiga tipe yang mana mampu menyerang manusia dan hewan.

#8 Rhinovirus

Virus yang memiliki RNA dan bagian dari Picornaviridae famili, yang mana virus ini memiliki jenis yang banyak hingga 99 jenis dalam famili tersebut.Pada anak-anak virus ini bisa berubah menjadi ISPA yang serius jika sistem kekebalan tubuhnya melemah.

#9 Respiratory Syncytial Virus

Termasuk virus yang bisa mengakibatkan seseorang terserang gejala bersin-bersin, batuk, hidung berair hingga demam.Hal ini juga bisa terjadi karena virus ini menginfeksi paru-paru dan saluran pernafasan.Dengan memiliki sifat yang menular maka virus ini membutuhkan penanganan yang serius.

Apabila kondisi di biarkan tanpa penangan, komplikasi yang terjadi akibat ISPA sangat serius dan bisa berakibat fatal.Komplikasi yang mungkin sering terjadi bersama dengan ISPA yaitu gagal nafas dan gagal jantung kongesif.

Langkah Pencegahan ISPA ?

Dan berikut ini ada beberapa langkah pencegahan ISPA yang bisa anda pilih dan lakukan supaya bisa menguransi gejala ISPA Antara lain :

  • Mencuci tangan sesering mungkin apabila jika berada di tempat umum
  • Mengkonsumsi makanan yang bergizi supaya daya tahan tubuh menjadi kuat
  • Menjaga hubungan untuk tidak terlalu dekat dengan penderita ISPA
  • Menggunakan masker saat berkendara
  • Rajin membersihkan diri serta lingkungan yang ada di sekitar kita
  • Mengurangi intensitas merokok, karena bahaya merokok sudah sangat mengkhawatirkan

Namun, melakukan beberapa langkah pencegahan seperti di atas saja tidak cukup.Maka anda bisa melakukan pengobatan ISPA secara alami yakni hanya dengan mengkonsumsi Jelly Gamat QNC secara rutin.

Produk herbal Indonesia ini aman untuk dikonsumsi semua kalangan usia, karena berkomposisikan dari bahan-bahan alami pilihan yang memiliki kandungan yang sangat luar biasa.

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai 9 penyebab infeksi saluran pernafasan akut, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda dan terimakasih atas kunjungannya.

Baca Juga Artikel Lainnya :

by post : Ahlinya Obat Migren

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *