Akibat Kreatinin Tinggi Paling Berbahaya

Kreatin tinggi adalah salah satu gangguan penyakit yang harus ditangani dengan serius, karena jika tidak ditangani bisa menimbulkan bahaya dan berikut ini akibat kreatin tinggi paling berbahaya, bisa anda simak informasi lebih lengkapnya dalam artikel ini.

Akibat Kreatinin Tinggi Paling Berbahaya

Kreatinin sendiri merupakan salah satu zat sisa yang merupakan limbah kimia sebagai hasil metabolisme tubuh anda, dimana zat ini berasal dari produksi energi di otot yang menghasilkan kreatin dan dari kreatin inilah akan dihasilkan kreatinin setiap harinya.

Ada beberapa hal yang bisa membuat kreatinin tubuh anda meningkat dan berikut ini ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan kadar kreatinin dalam tubuh anda meningkat diantaranya :

  • Kerusakan pada otot
  • Adanya gangguan atau gagal ginjal
  • Terkena penyakit hipothiroid
  • Melakukan aktivitas fisik yang membutuhkan banyak energi
  • Kebiasaan mengkonsumsi daging secara berlebihan

Untuk gejalanya sendiri, mungkin sebagian orang tidak akan mengalami banyak perubahan atau gejala-gejala khusus ketika kreatinin di dalam tubuh meningkat. Namun pada beberapa kasus, mereka yang mengalami kadar kreatinin sangat tinggi akan mengalami gejala berupa :

  • Gampang cape atau lelah
  • Sesak nafas
  • Dehidrasi
  • Gelisah dan kebingungan

Akibat Kreatinin Tinggi Paling Berbahaya

Berikut ini ada beberapa akibat kreatinin tinggi paling berbahaya jika tidak segera ditangani dengan serius, dimana beberapa akibat tersebut diantaranya :

1). Kerusakan Pada Ginjal

Tingginya kreatinin bisa menyebabkan kerusakan pada ginjal, dimana hal ini bisa terjadi karena ginjal senantiasa bekerja dengan keras untuk menyaring zat kreatinin dari darah sehingga pada jangka panjang akan mengalami kerusakan yang membuat tubuh membutuhkan transplantasi untuk mempertahankan kehidupan seseorang.

2). Penurunan Gairah Seks Atau Impotensi

Ternyata tingginya kreatinin juga bisa menurunkan gairah seks atau pada tingkat yang lebih parah bisa menyebabkan impotensi sehingga sistem reproduksi tubuh akan terganggu.

3). Tekanan Darah Atau Cairan Di Paru Paru

Tingginya kreatinin tinggi juga bisa menyebabkan munculnya tekanan darah atau cairan pada paru paru yang bisa menganggu kinerja paru paru.

4) Menderita Anemia

Penurunan kadar darah merah yang segar dalam tubuh membuat serangan anemia sangat mudah terjadi karena berlebihnya jumlah kreatinin dalam tubuh seseorang.

5). Terkena Perikarditis

Perikarditis ini bisa mengakibatkan komplikasi atau masalah-masalah lainnya karena kinerja ginjal sudah pasti akan terganggu karena adanya masalah peradangan tersebut, maka oleh karena itu sebisa mungkin tingkat kreatnin tidak boleh terlalu tinggi karena bisa menyebabkan gangguan pada organ tertentu.

6). Respons Imun Menurun

Akibat kreatinin tinggi juga bisa menimbulkan risiko penurunan kekuatan sistem imun tubuh sehingga tubuh akan lebih rentn terhadap infeksi atau serangan virus atau bakteri.

7). Tulang Lemah Dan Peningkatan Risiko Patah Tulang

Dimana akibat berikutnya dari kreatinin yang tinggi adalah adanya kemungkinan melemahnya tulang serta meningkatnya risiko patah tulang karena jumlah kreatinin yang tinggi menyebabkan penurunan zat-zat yang perlu bagi tulang seperti kalsium, fosfor dan lainnya.

8). Komplikasi Pada Kehamilan Yang Membawa Risiko Bagi Ibu Dan Perkembangan Janin Yang Dikandung

Tingginya kreatinin juga memungkinkan munculnya komplikasi pada kehamilan yang bisa membawa risiko bagi sang ibu dan janin yang dikandung olehnya.

9). Terkena Hiperkalemia

Kenaikan mendadak kadar kalium dalam dara atau dikenal dengan hiperkalemia bisa terjadi ketika jumlah kreatinin dalam darah meningkat atau terlalu berlebihan.

10). Kerusakan Sistem Saraf Pusat

Tingginya kreatinin juga bisa mengurangi suplai oksigen dan darah merah sehat yang sangat diperlukan untuk menunjang fungsi-fungsi organ tubuh termasuk sistem saraf.

Nah itulah beberapa akibat kreatinin tinggi paling berbahaya jika tidak segera diobati dengan serius, maka untuk itu jangan pernah abaikan jika anda mengalami kreatinin tinggi.

( Baca : Cara Menurunkan Kreatinin Tinggi Pada Ginjal Secara Alami )

Semoga apa yang kami informasikan pada kesempatan kali ini bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda serta bisa menambah wawasan pengetahuan anda. Terimakasih atas kunjungan & telah menyimak artikel sederhan ini, SEMOGA LEKAS SEMBUH !

post by : Ahlinya Obat Migren

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*