Ciri Atau Gejala Penyakit Asbestosis

Mengenali ciri atau gejala penyakit asbestosis merupakan langkah awal pencegahan paling jitu supaya anda bisa terhindar dari bahaya penyakit tersebut, umumnya bagi anda yang sering terkena pajanan asbes, karena apa ? Karena pajanan asbes adalah penyebab utama timbulnya penyakit asbestosis.

Ciri Atau Gejala Penyakit AsbestosisCiri Atau Gejala Penyakit Asbestosis

Penyakit asbestosis adalah penyakit yang terjadi ketika serat asbes menyebabkan jaringan parut/skar di paru-paru.Yang mana skar tersebut akan membatasi pernafasn dan mempengaruhi kemampuan oksigen untuk masuk ke aliran darah.

Penyakit ini membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk berkembang di dalam tubuh dan bahkan bisa mengancam jiwa apabila tidak segera diobati.Di Amerika Serikat terdapat kasus asbestosis bisa mencapai 200.000 jiwa pada tahun 2030, itu berdasarkan perhitungan Agency for Toxic Substances and Diasease Registry.

Pada umumnya kasus asbestosis ini terjadi karena pajanan asbes dari tempat kerja, karena pada saat anda menghirup serat asbestos maka serat tersebut bisa tertancap pada paru-paru dan bisa menyebabkan pembentukan skar/jaringan parut.

Skar tersebut bisa menyebabkan sulit bernafas karena mencegah paru berkontraksi dan berelaksasi dengan normal.Apalagi anda akan memiliki risiko yang meningkat jika bekerja di industri dengan menggunakan asbestos yang mana sering ditemukan pada pekerjaan bidang konstruksi dan pembangunan tahan api.

Dan berikut ini ada beberapa gejala yang sering muncul dan di rasakan oleh penderita asbestosis diantaranya :

  1. Merasaka nafas yang pendek-pendek
  2. Akan merasakan terikat di dada
  3. Batuk kering yang persisten
  4. Nyeri dada
  5. Hilang nafsu makan
  6. Ujung jari yang menggembung/clubbing finger
  7. Adanya bentuk kuku yang tidak normal/deformitas kuku

Apabila anda sering merasakan salah satu gejala seperti di atas sebaiknya cepat temui dokter supaya penyakit ini tidak menimbulkan keparahan atau gangguan kesehatan lainnya.

Pencegahan Penyakit Asbestosis

Selain mengenal ciri atau gejala penyakit asbestosis maka kita perlu melakukan beberapa hal yang berguna untuk mencegah timbulnya penyakit asbetosis diantaranya :

  • Mengurangi penggunaan asbes dan menggantinya dengan produk sejenis lainnya.
  • Pergunakan pakaian lengkap seperti masker, kacamata, sarung tangan dan pakaian ganti.
  • Basahi asbes terlebih dahulu sebelum di lakukan pengolahan agar serbuk asbes tidak berterbangan.
  • Selalu melakukan pekerjaan di tempat terbuka
  • Menjaga kebersihan diri
  • Jangan mencampur pakaian kerja dengan pakaian yang lainnya.
  • Konsumsi obat-obatan tertentu (Rekomendasi : Obat Herbal Penyakit Asbestosis).

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai ciri atau gejala penyakit asbestosis semoga bisa bermanfaat dan terimakasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga Artikel Lainnya :

by post : Ahlinya Obat Migren

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *