Gejala Penyakit ISPA Pada Orang Dewasa Dan Anak-Anak

Mengenali gejala penyakit ISPA pada orang dewasa dan anak-anak merupakan langkah awal yang harus dilakukan guna untuk mendapatkan penanganan secepatnya sebelum penyakit ini menimbulkan keparahan.

Gejala Penyakit ISPA Pada Orang Dewasa Dan Anak-AnakTahukah Anda ?

Di Indonesia, ISPA Menduduki peringkat pertama sebagai penyakit yang paling banyak diderita masyarakat, khususnya anak-anak.Tercatat, rata-rata balita Indonesia mengalami sakit batuk pilek setidaknya tiga hingga enam kali pertahunnya.Dari data WHO Di dapatkan bahwa angka kejadian pneumonia pada balita di Indonesia cukup tinggi yakni 10-20% pertahun.

ISPA atau kepanjangan dari infeksi saluran pernafasan akut merupakan kondisi dimana terjadinya infeksi yang menganggu proses pernafasan seseorang, yang mana pada umumnya disebabkan oleh virus yang menyerang hidung, trakea (pipa pernafasan) atau bahkan paru-paru.

Ternyata, ISPA termasuk penyakit yang mudah sekali menular.Orang-orang yang memiliki kelainan kekebalan tubuh dan orang-orang landjut usia akan lebih mudah terserang penyakit serta anak-anak juga memiliki risiko yang sama, karena sistem kekebalan tubuh mereka belum terbentuk sepenuhnya.

Seseorang akan tertular ISPA ketika dia menghirup udara yang mengandung virus atau bakteri yang dikeluarkan oleh penderita infeklsi saluran pernafasan melalui bersin atau ketika batuk.

Tidak hanya itu, cairan yang mengandung virus atau bakteri yang menempel pada permukaan benda bisa menular ke orang lain saat mereke menyentuhnya, yang mana ini disebut penularan secara tidak langsung.Untuk menghindari penyebaran virus maupun bakteri, sebaiknya mencuci tangan secara teratur setelah anda melakukan aktivitas di tempat umum.

Penyebab ISPA

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa ISPA ditularkan oleh virus dan bakteri.Dan berikut ini ada beberapa mikroorganisme yang bisa menjadi penyebab munculnya ISPA diantaranya :

  • Rhinovirus – Virus ini menyebabkan pilek namun pada anak kecil dan orang dengan kekebalan tubuh yang lemah, pilek biasa bisa berubah menjadi ISPA pada tahap yang serius.
  • Adenovirus – Gangguan pernafasan seperti pilek, bronkitis dan pneumonia bisa disebabkan oleh virus yang memiliki lebih dari 50 jenis ini.
  • Pneumokokus – Penyakit meningitis di sebabkan oleh virus jenis ini, nakteri ini juga bisa memicu gangguan pernafasan pernafasan lain seperti halnya penumonia.

Sistem kekebalan tubuh seseorang sangat berpengaruh sekali dalam melawan infeksi virus maupun bakteri terhadap tubuh manusia, yang mana risiko mengalami infeksi pada seseorang akan meningkat pada saat kekebalan tubuh melemah.

Hal ini cenderung terjadi pada anak-anak dan orang yang lebih tua serta siapapun yang memiliki penyakit atau kelainan dengan sistem kekebalan tubuh yang melemah.

Tidak hanya itu, ISPA juga bisa lebih mudah menjangkiti orang yang menderita penyakit jantung atau memiliki gangguan dengan paru-parunya serta seorang perokok juga bisa berisiko tinggi terkena infeksi saluran pernafasan akut dan cenderung lebih sulit untuk pulih dari kondisi ini.

Gejala ISPA

Dan berikut ini ada beberapa gejala yang sering muncul dan bisa dirasakan oleh penderita penyakit ISPA diantaranya :

  1. Hidung tersumbat
  2. Batuk
  3. Badan Nyeri
  4. Sakit Tenggorokan
  5. Banyak ingus
  6. Sakit kepala
  7. Tubuh tidak mendapakan oksigen
  8. Kehilangan suara
  9. Gangguan pernafasan
  10. Mengalami demam atau menggigil
  11. Badan sangat lelah

ISPA bisa menyebabkan fungsi pernafasan menjadi terganggu.Jika tidak segera ditangani, infeksi ini bisa menyebar ke seluruh sistem pernafasan dan menyebabkan tubuh tidak mendapatkan cukup oksigen sehingga kondisi ini bisa berakibat fatal bahkan sampai berujung pada kematian.

Selain itu, ISPA juga jika tidak di segera ditangani bisa menimbulkan komplikasi yang sangat serius seperti : gagal nafas dan gagal jantung kongestif.

Lalu Pengobatan Apa Yang Dilakukan Oleh ISPA ?

Meskipun belum anda obat yang efektif untuk membunuh kebanyakan virus yang menyerang manusia, salah satu pengobatan yang bisa dilakukan selama ini biasanya hanya untuk meredakan gejala yang muncul akibat infeksi virus.

Istirahat yang cukup dan memperbanyak minum air mineral bisa membantu meredakan gejala ISPA.Selain itu, ada beberapa jenis obat yang sering diberikan dokter untuk meredakan gejala-gejala ISPA diantaranya :

  • Obat antihistamin, dekongestan dan ipratropium untuk mengatasi hidung yang berair dan tersumbat.
  • Obat steroid seperti deksametason dan prednison, mungkin diresepkan pada kondisi tertentu untuk mengurangi peradangan dan pembengkakan yang terjadi di saluran pernafasan bagian atas.
  • Obat antiinflamasi non-steroid (OAINS) dan asetaminofen untuk mengurangi efek demam dan nyeri di tubuh.
  • Obat batuk antitusif untuk mengurangi batuk-batuk.Madu juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah ini.

Apabila infeksi yang terjadi disebabkan oleh bakteri, maka serangkaian tes akan dilakukan untuk mengetahui jenis bakteri.Setelah itu, dokter bisa menentukan antibiotik yang paling tepat untuk memberantas bakteri penyebab infeksi.

Namun, penggunaan antibiotik secara berlebih sudah pasti tidak baik bagi tubuh, maka sebagai gantinya anda bisa mengkonsumsi obat herbal infeksi saluran pernafasan akut yaitu Jelly Gamat QNC yang jauh lebih aman untuk anda konsumsi karena berkomposisikan dari 100% bahan alami pilihan sehingga tidak akan menimbulkan efek samping.

Selain mengkonsumsi obat antibiotik dan obat herbal, anda juga bisa melakukan pencegahan ISPA dengan beberapa pola hidup higienis yang bisa dilakukan sebagai tindakan pencegahan terhadap ISPA yakni :

  • Hindari menyentuh bagian wajah terutama mulut, hidung dan mata dengan tangan supaya anda terlindung dari penyebaran virus dan bakteri.
  • Perbanyak mengkonsumsi makanan kaya serat dan vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Berolaharag secara teratur juga bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi risiko penularan infeksi.Semakin sering berolahraga, semakin kecil pula risiko terluar ISPA.
  • Mencuci tangan secara teratur terutama setelah beraktivitas di tempat umum.
  • Hindari merokok
  • Pada saat anda bersin, pastikan menutupnya dengan tisu atau tangan.Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran penyakit pada orang lain.

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai gejala penyakit ISPA pada orang dewasa dan anak-anak, semoga bisa bermanfaat dan terimakasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga Artikel Lainnya :

by post : Ahlinya Obat Migren

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*