Komplikasi Penyakit Rhinitis

Apakah anda sedang menderita penyakit rhinitis ? Jika benar begitu, maka anda wajib mengetahui akan bahayanya komplikasi penyakit rhinitis yang di timbulkan silakan simak penjelasannya !

Komplikasi Penyakit RhinitisBahaya Akibat Komplikasi Penyakit Rhinitis

Rhinitis adalah salah satu penyakit peradangan dan iritasi yang terjadi di membran mukosa di dalam hidung yang mana rhinitis sendiri memiliki dua varian yaitu rhinitis alergi dan rhinitis nonalergi.

Rhintis alergi atau di sebut dengan hay fever biasanya di sebabkan oleh alergi terhadap unsur seperti debu, kelupasan kulit hewan tertentu dan serbuk sari sedangkan rhinitis nonalergi tidak di sebabkan oleh alergi namun kondisi seperti ini di akibatkan oleh infeksi virus dan bakteri.

Penyakit ini memiliki gejala yang mungkin hampir mirip seperti pilek dan biasanya akan muncul sesaat setelah terpapar alergen, yang mana gejala rhinitis akan muncul seperti :

  • Sering bersin-bersin.
  • Mengalami hidung tersumbat atau berair.
  • Terjadinya pengurangan sensitifitas indera penciuman.
  • Rasa tidak nyaman atau iritasi ringan di dalam dan area sekitar hidung.

Mungkin beberapa orang pernah mengalami gejala rhinitis yang cukup parah dan berkelanjutan hingga menganggu kehidupan sehari-hari akibat tidurnya yang terganggu di malam hati, namun kebanyakan penderita rhinitis hanya mengalami gejala yang mudah diobati secara efektif.

Namun penderita rhinitis memiliki risiko terjadinya gejala lain seperti mudah marah, mengantuk di siang hari dan kesulitan untuk berkonsentrasi hal tersebut terjadi karena kurang tidur di malam hari akibat terganggunya oleh hidung tersumbat dan berair.

Nah, jika anda mengalami hal seperti itu sebaiknya cepat lakukan pemeriksaan, mengapa ? karena penyakit rhinitis jika di biarakan begiru saja tanpa melakukan pemeriksaan atau pengobatan bisa menimbulkan komplikasi yang cukup berbahaya sekali.

Akibat Penyakit Rhinitis Atau Komplikasi

Apabila penyakit rhinitis terjadi pada penderita asma, maka kemungkinan besar asmanya bisa bertambah parah dan sering kambuh.Selain itu juga, ada beberapa masalah atau komplikasi pada penyakit rhinitis diantaranya :

  • Sinusitis

Komplikasi rhinitis yang mungkin umum terjadi, infeksi ini terkadi karena ingus tidak bisa mengalir dari sinus akibat adabnya pembengkakan dan peradangan rongga hidung.

Gejala sinusitis yang sering muncul yaitu sakit gigi, demam, hidung tersumbat atau berair serta rasa sakit yang parah di sekitar mata, dahi atau pipi.

  • Infeksi Telinga Bagian Tengah

Gangguan seperti ini terjadi pada tabung Eustachian yang terletak di bagian belakang telinga, yang mana tabung yang bisa menhubungkan bagian belakang hidung dan telinga tengah memiliki fungsi untuk mengalirkan cairan.

Cairan yang bertumpuk di telinga tengah akibat rhinitis menjadi terinfeksi dan menyebabkan infeksi pada telinga bagian tengah sehingga menimbulkan gejala seperti : hilangnya pendengaran, sakit telinga, kehilangan keseimbangan dan mengalami demam.

  • Polip Hidung

Biasanya terjadi akibat rhinitis yang mana polip tumbuh akibat peradangan selaput hidung yang memiliki ukuran yang sangat beragam dan bisa menimbulkan warna abu-abu, merah muda dan kuning.

Tindakan operasi merupakan salah satu pengobatan untuk mengangkat polip yang besar, akan tetapi jika polip masih berukuran kecil maka bisa di atasi supaya tidak menjadi halangan di hidung.Keluhan seperti ini bisa menganggu pernapasan, menghambat sinus serta mengurangi kemampuan indera penciuman.

Itulah beberapa komplikasi penyakit rhinitis yang cukup berbahaya sekali sehingga anda perlu melakukan tindakan pengobatan yang cepat supaya tidak menimbulkan berbagai penyakit lainnya.

Cara Mencegah Penyakit Rhinitis

Nah, bagi anda yang terkena penyakit rhinitis ternyata penyakit yang satu ini bisa di cegah untuk menghindari pemicu yang bisa menyebabkan timbulnya gejala rhinitis.Hal utama yang perlu anda lakukan supaya terhidar dari penyakit ini yaitu perlu melakukan pola hidup sehat.

Jika anda sudah terkena penyakit rhinitis sebaiknya konsumsi obat herbal rhinitis yaitu Kuding Plus Tea Green World yang di percaya bisa mengatasi sekaligus mengobati penyakit ini sampai tuntas tanpa efek samping.

Komplikasi Penyakit RhinitisApakah Anda Menunggu Rhinitis Menimbulkan Komplikasi Yang Berbahaya ? Kami Tidak Mengharapkan Demikian, Untuk Itu Segera Atasi Gangguan Ini Secara Serius KLIK DISINI Untuk Mengobatinya !

Baca Juga Artikel Lainnya :

by post : Ahlinya Obat Migren

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *