Penyebab Dan Komplikasi Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Banyak orang yang merasa khawatir atau takut terhadap terjadinya pembengkakan kelenjar getah bening, maka untuk itu sangatlah penting untuk mengetahui penyebab dan komplikasi pembengkakan kelenjar getah bening ? Berikut kami berikan informasinya untuk anda silakan di simak !

Penyebab Dan Komplikasi Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Penyebab Dan Komplikasi Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Pembengkakan kelenjar getah bening atau dalam istilah medis di sebut dengan lymphadenopaty merupakan salah satu kondisi ketika kelenjar getah bening atau gumpalan jaringan sebesar kacang yang berisi sel darah putih mengalami pembesaran.

Pada dasarnya, kelenjar getah bening terdapat di seluruh tubuh, namun kondisi ini lebih sering ditemui di area ketiak, leher, di bawah dagu dan pangkal paha.

Infeksi bakteri atau virus yang tergolong ringan merupakan salah satu faktor yang paling sering menyebabkan kelenjar getah bening.Berikut ini ada beberapa contoh infeksi ringan yakni :

  • Infeksi gigi
  • Pilek
  • Demam kelenjar
  • Infeksi tenggorokan
  • Radang amandel
  • Infeksi telinga
  • Infeksi kulit

Kelenjar getah bening yang bengkak akibat infeksi-infeksi tersebut biasanya disertai rasa sakit.Selain itu, terkadang penderita juga mengalami demam, batuk dan nyeri tenggorokan.

Namun pada kasus yang jarang terjadi, pembengkakan kelenjar getah bening juga bisa disebabkan oleh kanker, penyakit lupus, rheumatoid arthritis, campak, rubella, sarcoidosis, tuberkulosis, HIV, sifilis dan Cytomegalovirus.

Pada kasus pembengkakan kelenjar getah benig yang disebabkan oleh kanker, biasanya pembengkakan tersebut terlihat tetap tidak mengempis hingga bebrapa minggu, bahkan bisa membesar secara perlahan-lahan.Selain itu, kelenjar terasa kerasa saat di sentuh, namun tidak sakit.

Biasanya yang menderita pembengkakan kelenjar getah bening akan mengalami penurunan berat badan dan sering mengeluarkan keringat yang berlebih terutama pada malam hari.

Jenis kanker yang bisa menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening adalah leukimia limfositik kronis dan limfoma non-hodgkin, dimana kedua jenis kanker ini menyerang sel darah putih.

Pembengkakan kelenjar getah bening juga bisa terjadi akibat jenis kanker lainnya yang tumbuh di organ tubuh mana pun, tapi kemudian menyebar ke kelenjar getah bening tersebut.

Infeksi penyebab pembengkakan kelenjar getah bening yang tidak segera ditangani dengan cepat dan tepat bisa menimbulkan komplikasi berupa : Pembentukan abses dan Bakteremia (infeksi dalam aliran darah).

Meskipun kondisi ini bisa sembuh dengan sendirinya apabila penyebabnya masih tergolong ringan (misalnya pilek atau demam kelenjar), anda hanya perlu melakukan istirahat dan banyak minum air putih.

Anda juga perlu ini : Obat Herbal Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Itulah sekilas informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga informasinya bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda terhadap penyakit yang anda derita saat ini.

by post : Ahlinya Obat Migren

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*