Penyebab Sakit Di Ulu Hati Dan Tips Mengatasinya

Penyebab Sakit Di Ulu Hati Dan Tips Mengatasinya – Anda sering merasakan sakit di bagian tengah atas perut yang diiringi mual atau perut kembung ? Jika iya, maka bisa jadi anda saat ini tengah mengalami sakit ulu hati.

Nah disini kami akan mencoba memberikan anda informasi seputar penyebab sakit di ulu hati tersebut ? Yuk simak informasi lebih lengkapnya dalam artikel ini !

Penyebab Sakit Di Ulu Hati Dan Tips Mengatasinya

Penyebab Sakit Di Ulu Hati

Dalam istilah medis sakit ulu hati disebut dengan epigastrium, dimana ulu hati terletak di bawah tulang dada dan di atas pusar atau perut bagian atas. Biasanya rasa sakit tersebut bisa menyebar dari satu bagian ke bagian tubuh lainnya.

Selain itu, sakit ulu hati biasanya dibarengi dengan gejala berupa mual, perut kembung, maag dan kram pada daerah ulu hati. Berikut ini ada beberapa hal yang bisa menyebabkan sakit ulu hati pada tubuh seseorang diantaranya :

1). Gastroenteritis

Dimana penyakit yang dialami dengan merasakan diare mendadak disertai dengan muntah, hal ini bisa menyebabkan rasa sakit pada ulu hati dan biasanya penyakit ini terkena pada anak-anak yang disebabkan oleh virus rotavirus dan pada orang dewasa di sebabkan oleh virus norovirus.

2). Sindrom Iritasi Usus

Ternyata sindrom iritasi usus ini juga bisa menyebabkan rasa sakit atau nyeri di ulu hati, kram, kembung dan perubahan kebiasaan pada buang air besar.

Dimana kondisi iritasi ini terjadi karena lapisan otot yang melapisi dinding usus bergerak lebih kuat dan lama daripada biasanya saat mendistribusikan makanan dari perut ke anus.

3). Penyakit Kantong Empedu

Dimana organ kantong empedu ini berfungsi untuk menyimpan cairan empedu yang akan membantu organ hati untuk memproses lemak. Jika kantong empedu bermasalah, maka bisa menyebabkan rasa sakit pada ulu hati.

Sakit yang akan anda rasakan biasanya pada daerah perut yang di iringi sakit lain seperti demam, muntah, tinja berubah warna dan nyeri pada dada.

4). Tukak Peptik

Selanjutnya hal yang bisa menyebabkan seseorang merasakan sakit pada ulu hati adalah akibat tukak peptik. Dimana tukka peptik ini adalah sakit pada lambung yang terjadi karena ada luka pada lapisan dinding lambung dan bisa terjadi juga luka pada usus kecil.

5). Kanker Lambung

Biasanya kanker yang terjadi pada lambung bisa menyebabkan rasa sakit dan nyeri pada ulu hati, dimana risiko terjadinya kanker lambung ini bisa disebabkan oleh faktor jenis kelamin dan usia.

6). Pankreatitis

Penyakit peradangan yang terjadi pada organ pankreas ini merupakan organ tubuh penghasil enzim untuk pencernaan dan hormon untuk mengatur upaya tubuh dalam proses penguraian gula dalam tubuh.

Dimana rasa sakit yang dialami oleh penderitanya bisanya muntah-muntah dan terasa sakit sampai ke punggung, rasa sakit perut saat setelah makan.

7). GORD ( Gastro-Oesophegeal Reflux Dsease )

Salah satu penyakit yang bisa menyebabkan rasa nyeri atau sakit di ulu hati adalah GORD, dimana penyakit ini terjadi pada saat anda merasakan panas tinggi atau terbakar pada daerah tulang dada dan di sekitar daerah ulu hati.

Nah itulah beberapa hal yang bisa menyebabkan sakit di ulu hati, jika anda merasakan beberapa penyebab tersebut maka yang harus anda lakukan sekarang adalah melakukan tindakan penanganan dan pengobatan dengan cepat.

Namun, jika tidak parah dan hanya terjadi satu hingga dua kali, rasa sakit di ulu hati bisa diatasi dengan mudah dan bisa dilakukan di rumah seperti :

  • Atur pola makan agar lebih teratur
  • Saat mengalami sakit di ulu hati, coba konsumsi makanan yang ringan serta makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran
  • Konsumsi Obat Sakit Ulu Hati Alami

Semoga apa yang kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai penyebab sakit di ulu hati bisa bermanfaat bagi anda dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda serta bisa menambah wawasan pengetahuan anda. Terimakasih atas kunjungannya & telah menyimak artikel sederhana ini !

post by : Ahlinya Obat Migren

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*